11:55 AM
0
Manfaat Pohon Pisang Untuk Kesehatan - Ada 3 macam pisang yang sangat terkenal, baik di dalam negri maupun di manca negara, yaitu pisang ambon, pisang susu, dan pisang saba.Yang merupakan bibit pohon pisang adalah tunas yang tumbuh di sebalah pohon induknya. Pohon pisang cepat sekali tumbuh. Pohon pisang tidak dapat berbuah berkali-kali, melainkan sekali dalam hidupnya.



Sebelum membahas masalah kegunaan akar dan buahnya, marilah kita tinjau sekilas manfaat pelepah (batang) daun dan bunganya.
Sejak dahulu khusus nya di jawa telah di kenal cara berkeramas dengan menggunakan pelepah daun pisang dan batang (semu) pohon pisang.Caranya pelepah di cabik-cabik kemudian dijemur. Setelah kering,kemudian dibakar, abu atau arang pelepah pisang ini disiram dengan air secukup nya. Kalau abu atau arang sudah mengendap,air nya diambil untuk keramas. Selain untuk bahan sampo,batang yang kering kadang-kadang dipakai sebagai tali.
Daun pisang, terutama pisang klutuk dipakai sebagai pembungkus lontong. Keistimewaan daun pisang klutuk (pisang batu) adalah membuat lontong berwarna dan beraroma sedap. Pada daun pisang terdapat lapisan lilin. Oleh sebab itu, daun yang lebardapat di pakai sebagai payung ketika hujan.
Selain itu,daun pisang di pakai sebagai pembungkus nasi, pengganti piring dan pengganti sendok. Getah pelepah pisang sangat baik untuk menghentikan darah yang keluar dari luka baru.

Biasanya untuk mengambil pisang yang sudah masak, pohonnya ditebang. Bagian pohon yang masih tegak di atas tanah ini masih bermanfaat.

Keruklah pada bekas tebangan sehingga menyerupai mangkuk kemudian tutuplah selama 1 hari. Keesokan harinya bukalah tutupan itu, niscaya akan kamu dapati air. Air ini baik sekali untuk menyuburkan rambut. Caranya, basahilah bagian kepala kita yang berambut dengan air ini.

Bunga pisang dan kelopak nya yang masih muda enak sekali buat pengganti nangka muda dalam sayur lodeh. Sekarang , marilah kita bicarakan akar atau bonggol, tunas, dan buah dalam bonggol pohon pisang. Bonggol merupakan pohon pisang yang asli, sedangkan yang tampak di atas bonggol adalah pelepah daun yang rapi sehingga tampak seperti pohon.
Bonggol pisang gajih (pisang kepok) dapat di pakai untuk menghentikan disentri dan mencret. Caranya, parutlah bonggol pisang kemudian peraslah. Minumlah air perasannya 2 kali sehari masing-masing 2 sendok makan.
Tunas pisang adalah pohon pisang yang belum muncul di permukaan tanah. Tunas ini dapat diambil airnya dengan cara memarut dan memerasnya. Upayakan menjadi satu gelas air. Air tunas pisang berguna untuk berbagai keperluan, namun sebelum di manfaatkan harus dijerang dahulu bersama bonggol,batang, dan daunbenalu teh (ingat harus dengan benalu teh, bukan benalu lain). Terutama apabila akan di manfaatkan untuk beberapa penyakit kanker, bahan-bahan dari benalu teh harus banyak. Menurut pengalaman, bahan campuran ini pernah di manfaatkan untuk mengobati kanker di tenggorokan.
Buah pisang kaya akan vitamin A, B1, B2, C, dan bahan-bahan mineral. Hal ini berarti buah pisang dapat dipakai untuk mengobati penyakit-penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Facebook Comments

[Pasang Widget] | [tutup]