12:58 AM
0
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal - Menjaga kesehatan ginjal sangat penting bila anda ingin selalu hidup sehat sepanjang waktu. Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang perlu anda rawat dengan menjalankan gaya hidup sehat. Ginjal sendiri berfungsi untuk membuang limbah dan racun yang tidak digunakan oleh tubuh. Bila ginjal tak bisa berfungsi dengan baik, racun dan sampah dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan lewat urin.



Berikut Ini Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal :

Jaga Berat Badan Ideal : Pastikan anda memiliki berat badan yang ideal sehingga terhindar dari obesitas Lemak yang menumpuk dalam tubuh bisa berakibat buruk pada melambatnya sistem metabolisme. Akibatnya mereka yang mengalami obesitas memiliki faktor risiko terkena penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan komplikasi ginjal.

Cukup Minum Air Putih : Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secara teratur demi menjaga kesehatan ginjal. Ginjal memerlukan air putih yang cukup supaya tidak bekerja terlalu keras saat menyaring zat dalam tubuh baik itu vitamin, mineral, gula dan garam. Asupan air putih yang cukup menurunkan resiko anda terkena penyakit batu ginjal yang cukup berbahaya.

Jaga Tekanan Darah dalam Batas Normal : Tekanan darah yang tak normal bisa memicu timbulnya gangguan dan ginjal. Tekanan darah normal pada umumnya berkisar antara 120/80 mmHg. Oleh sebab itu pastikan anda bisa menjaga tekanan darah dengan baik misalnya dengan mengurangi asupan garam dan berusaha santai supaya tidak stress.

Tidak Merokok : Merokok tidak hanya merugikan kesehatan jantung tetapi juga kesehatan ginjal. Beberapa penyakit lain seperti diabetes, stroke dan hipertensi juga semakin parah dengan kebiasaan merokok.

Batasi Asupan Garam : Untuk menjaga kesehatan ginjal dari berbagai macam gangguan penyakit, anda perlu membatasi asupan sodium yang terdapat pada garam dapur. Kelebihan sodium dalam tubuh membuat ginjal harus bekerja lebih keras demi mengeluarkan sodium dari dalam tubuh. Lebih baik anda mengolah makanan sendiri di rumah sehingga tahu benar kadar garam yang anda gunakan dalam masakan.

Asup Makanan Sehat Seimbang : Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi supaya anda bisa mencegah timbulnya gangguan pada ginjal. Asupan buah dan sayur juga perlu diperhatikan karena banyak orang lebih suka makan masakan yang berlemak dan berminyak.

Olahraga Secara Teratur : Lakukan olahraga secara teratur 3 kali dalam seminggu bila anda ingin mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh, membakar lemak, menyehatkan dan jantung, menjaga kesehatan ginjal, dan melancarkan sirkulasi darah.

0 komentar:

Post a Comment

Facebook Comments

[Pasang Widget] | [tutup]